Wendelin Van Draanen - Flipped

Title : Flipped
Series : -
Author : Wendelin Van Draanen
Pages : 212
Genre : Contemporary Romance; Young Adult

Publisher : Ember
Published date : May 2003
Price :

Edition : ebook
Status : -
Reading Period : February 18-19, 2014

Flipped is a romance told in two voices. The first time Juli Baker saw Bryce Loski, she flipped. The first time Bryce saw Juli, he ran. That’s pretty much the pattern for these two neighbors until the eighth grade, when, just as Juli is realizing Bryce isn’t as wonderful as she thought, Bryce is starting to see that Juli is pretty amazing. How these two teens manage to see beyond the surface of things and come together makes for a comic and poignant romance.

Yang diinginkan oleh Bryce Loski adalah Juli Baker meninggalkanya. Gadis kecil itu mengikutinya ke mana pun seperti jamur yang tak bisa lepas.

Ketika pertama kali melihat Bryce Loski, Juli Baker mengalami flipped atau jatuh cinta pada pandangan pertama. Banyak hal yang dilakuan Juli agar Bryce bersamanya.

Sampai suatu hari ketika pohon sycamore akan dipotong. Pohon itu adalah suatu tempat dimana Juli merasakan suatu keajaiban tentang hidup. Dan ketika pohon itu hilang dan Bryce sama sekali tak membantunya, Juli mulai mempertanyakan apa yang dirasakannya selama ini.

Sebenarnya Flipped ini bukan tipe bacaanku karena ceritanya anak-anak. Yah walaupun entar beranjak dewasa sampai SMP sih. Hehehehe... Walaupun begitu, aku suka dengan cerita ini.

Karakternya menyenangkan. Aku suka Juli, keluarga Juli, dan Chet. Mereka adalah orang-orang yang selalu berpikir positif. Tidak peduli orang lain berkata jahat seperti apa, mereka tidak pernah membalasnya dengan kata-kata menyakitkan.

Menurutku di Flipped banyak banget moral hidup yang bisa diperoleh. Jangan melihat orang dari luarnya saja, galilah lebih dalam. Seseorang itu dapat berubah. Jadilah dirimu sendiri. Dan sebagainya. Cerita sederhana dengan makna yang dalam :)



Kebetulan, setelah membaca cerita ini, aku langsung nonton filmnya. Secara banyak yang bilang bagus. Aku penasaran dan aku tidak kecewa. Berbeda dengan film-film yang diangkat dari buku, Flipped tidak mengubah jalan cerita. Ending doank sih beda dikit, beda 1 percakapan doank =P Oh, sama warna mata Bryce yang harusnya biru....


Cover movie-nya bagus yaaa... Aku suka. Heheheheheh...

Overall, baik buku maupun filmnya sama-sama keren. Cerita remaja yang tidak hanya tentang cinta tapi juga moral hidup :)

12 comments:

  1. aku penasaran sama buku ini deh... banyak yang bilang bagus.. udah diterjemahin juga kan ya? naksir cover movie nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku sih bagus dan tipe bacaan ringan dengan makna hidup yang cukup dalam, Mbak Astrid *bahasakuuuu keren sekali =P*

      Delete
  2. Setuju sama Lina. Terjemahannya memang kelewat gaul. Tapi entah kenapa aku nyaman bacanya. Biasanya sih enggak gitu suka baca terjemahan yang pake bahasa gaul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gaulnya kayak gimana, Uthe dan Lina?

      Delete
    2. Gaul yang kumaksud phie itu kayak pake kata "pingin", "banget" pokoknya yang gak baku deh phie..

      Delete
  3. Udah nonton filmnya duluaan, tapi teteup pengen baca bukunya :)

    ReplyDelete
  4. Menarik. Saya jadi inget cerita novel "Koma" yang butuh perenungan dalam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum baca novel itu. Bagus ya?
      Hmmm.. Ntar deh kalau mood aku baca :)

      Delete
  5. Biasa kalo film diangkat dari buku, berarti bukunya bagus dan banyak pembacanya.... boleh deh nih dimasukin wishlist

    ReplyDelete
  6. Dari dulu pengen punya buku ini, ini teenlit tp ngak menye2, keren

    ReplyDelete