Eloisa James - The Ugly Duchess [Fairy Tales #4]

Judul : The Ugly Duchess
Sub Judul : Cinta untuk Sang Duchess
Seri : Fairy Tales #4
Penulis : Eloisa James
Halaman : 436
Genre : Historical Romance

Penerbit : Dastan
Tanggal Terbit : Juni 2013
Harga : Rp 20.000,-
Translator : Wahyu Nugroho
Editor : Sylfentri

Tipe buku : Mass market paperback
Status buku : Punya
Periode baca : 11-12 Maret 2014

James Ryburn, seorang pemuda tampan, dipaksa ayahnya menikahi Theodora Saxby, seorang duchess yang dianggap buruk rupa demi menyelamatkan keuangan keluarga. James menolak permintaan ayahnya itu hingga memicu pertengkaran sengit.

Setelah berseteru dengan ayahnya, James akhirnya menikahi Theodora, yang menjadi ahli waris dari keluarga kaya. Theodora kemudian mengetahui rencana licik Duke of Ashbrook, ayah James, untuk mengambil keuntungan dari pernikahannya. Theodora yang sakit hati dan kecewa lalu memilih untuk berpisah dengan James walaupun masih terikat dalam perkawinan.

Setelah berpisah dengan Theodora, James pergi berlayar meninggalkan Inggris dan menjadi bajak laut. Tujuh tahun kemudian James kembali ke Inggris dan bertemu Theodora. James menginginkan mereka kembali menjalin hubungan mereka yang sempat terputus. Namun, Theodora tidak mau menerima James yang saat itu telah menjalin hubungan dengan wanita lain. Theodora sangat mencintai James, tapi ia masih meragukan kesungguhan cinta pria itu.

Sanggupkah James meyakinkan Theodora dan memilikinya kembali? Apakah Theodora bisa benar-benar yakin James yang tampan mencintai wanita yang seperti dirinya? Ataukah memang ada maksud James yang terselubung? Cinta, kata hati, dan realitas kehidupan terus mendesak sang duchess untuk menentukan pilihan.

Kayaknya tiap kali aku merasa cover-nya kurang cocok dengan isi cerita, aku mau nyelipin cover buku yang menurutku bisa jadi cocok untuk novel tersebut :)

Dastan, seperti biasa, cover-nya lagi-lagi kurang memuaskan. Entahlah, mungkin karena pembelinya masih banyak dan Dastan merasa bahwa bagus atau tidaknya cover tidak mempengaruhi penjualan. Baiklah. Toh aku juga gak rugi beli buku ini dengan harga cukup miring.

Menurutku cover yang bisa jadi cocok untuk novel ini adalah gambar angsa atau bunga daisy. The Ugly Duchess mengambil inspirasi cerita dari The Ugly Duckling, jadi gambar angsa bisa jadi cocok dan Theo memang menggunakan bulu-bulu angsa di salah satu bab. Daisy karena itu adalah panggilan kesayangan James untuk Theo.


Theodora adalah seorang gadis berumur 17 tahun. Dia sudah mengenal James seumur hidupnya dan menganggapnya sebagai kakak. Begitu pula dengan James yang menganggap Daisy (panggilan sayang James kepada Theo) sebagai adiknya.

Namun karena kebodohan ayah James, harta kekayaan keluarganya terancam hilang. Ayahnya mengancam James untuk menikahi Theo. Wanita itu memiliki kekayaan yang mampu menutup segala utang ayahnya dan mempertahankan aset mereka.

Awalnya James menolak, tapi akhirnya setuju. Bahkan sebelum dia menikahi Daisy (tentunya dengan adanya skandal), dia sudah bersikap posesif terhadap wanita itu. Ketika pernikahan berlangsung dan selama dua hari menjalani kehidupan suami-istri, keduanya cukup rukun dan saling mencintai. Sampai Daisy mendengar apa yang dikatakan oleh ayah James.

Murka akan alasan James menikahinya, Daisy mengusir sang Duke dan James.

Meninggalkan wanita yang disayanginya adalah suatu hal yang berat bagi James. Daisy tak akan pernah memaafkannya. Oleh sebab itu, James memutuskan untuk menjadi perompak dan berada di atas lautan selama tujuh tahun. Kemudian sebuah peristiwa terjadi dan membuat pria itu sekali lagi muncul di hadapan istrinya.

Walaupun tidak sebagus cerita pendahulunya, buku keempat dari seri Fairy Tales ini cukup menarik untukku. Di The Ugly Duchess entah mengapa menurutku agak sedikit mengambang di tengah-tengah cerita. Mungkin karena Eloisa James memisahkan kedua karakter utama ini dan menceritakan masing-masing kegiatan karakter selama mereka berpisah. Jadi agak kurang greget gitu. Mungkin juga karena mereka menikah di usia sangat muda, 17 dan 19 tahun.

Tapi saat keduanya bersama-sama, mau gak mau aku berasa deg-deg-serrrr gitu. Soalnya si James ini sejak jadi perompak, sikapnya berubah. Lebih ke I want you and I will get you, tentunya dengan cara-cara beradab, bukan memaksa.

Kata-kata James mengenai kecantikan Daisy juga membuatku tersentuh. Dia selalu bisa mengatakan kata-kata yang tepat dan kata-kata itu sangat memuja istrinya. Siapa juga yang gak mau dipuja?

Yang aku kurang suka mungkin karena selama mereka berpisah, James bersama wanita lain. Rasanya kayak dikhianati >,< Tapi ya gimana ya? Aku gak bisa salahin James 100% juga sih. Jadi bingung. Hahahahahha...

Overall, aku mengagumi karya Eloisa James dalam seri Fairy Tales ini karena beliau dapat membawa kembali semua cerita anak-anak tersebut ke dalam versi dewasa tanpa menghilangkan inti moral ceritanya.
So, tentunya aku menikmati dan menyukai cerita The Ugly Duchess ini :)

Pictures sources:
http://fineartamerica.com/featured/the-ugly-duckling-irina-babanova.html
http://www.thesweetestoccasion.com/2010/06/breakfast-buffet-wedding-reception-ideas/white-daisy-centerpiece-budget-friendly-bouquet-ideas/
Fairy Tales series :
#1 A Kiss at Midnight
#2 When Beauty Tamed The Beast
#3 The Duke is Mine
#4 The Ugly Duchess
... on going ...

4 comments:

  1. Kak Phie, tanya dong. Buku-buku terbitan Dastan warna kertasnya memang biasanya abu-abu ya? Bukan putih gitu kayak keluaran Gramedia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, abu-abu. Sama kayak kertas HisRom-nya GPU sih.
      Tapi bukan putih kayak Amore.

      Delete
  2. Wah ini kebalikan dari cerita yang biasa ada. Kali ini pria yang dipaksan menikah demi keuangan kelaurga. Huh, seru-seru.. kapan-kapan nyari ah, masih banyak tumpukannya nih

    covernya emang kurang bagus. saya sepakat nih.

    ReplyDelete
  3. Ahhhh udah lama gak baca historical romance >.<

    ReplyDelete