Cuap-cuap: Liebster Blog Award



Aihhhh... Kirian gak bakal kena Liebster Blog Award (LBA) ini, ternyata kena juga dari mbak Ratih (The Bookly Purple). Sebenarnya aku sudah baca-baca LBA ini di beberapa teman blog yang lain. Yang pertama kali terlintas dalam pikiranku "Pertanyaannya banyak yaaaa..."

Kalau mau tahu caranya, silakan mengunjungi blognya mbak Ratih ya :) Pertama-tama, mari menjawab pertanyaan dari mbak Ratih.

Sejak kapan kamu suka membaca buku?
Sejak masih SD kelas 1. Papa punya satu koper buku Inggris (komik sih) dan kasetnya. Isinya ada Dr. Jeckyl and Hyde, Gulliver's Story, Oliver Twist, dan lain-lain. Jadi baca sambil dengerin kasetnya. Di Jayapura gak ada hiburan sih dulu, jadilah aku baca buku :)

Terus pernah dikasih satu set kecil (4 buku) berbahasa Inggris sebagai hadiah ultah. Bercerita tentang beruang kecil. Ini lupa euy judulnya apa. Tapi aku suka banget nih buku waktu kecil. Untungnya kertasnya karton super tebal gitu, jadi gak rusak dibaca terus-terusan =P

Kenapa kamu suka membaca buku?
Kenapa ya? Mungkin karena sejak kecil aku sudah dibiasakan baca sama omaku. Bayangin aja sebelum masuk TK aku sudah bisa baca. Keren kan? Jadi pas udah TK dan SD gitu, aku dibeliin banyak buku sama keluarga papaku. Di Jayapura minim hiburan, hiburanku baca buku dulu :)

Yah... suka baca ya karena suka aja sih. Terlalu mendarah daging sejak kecil *lebay*
Bisa berimajinasi bebas, memperbanyak kosakata, mengisi waktu luang, menambah ilmu, dan banyak lagi. Banyak manfaat yang aku peroleh dari baca buku.

Pernah nggak kamu merasa menyukai penulis tertentu lalu kemudian kamu merasa tidak menyukai penulis itu lagi? Kenapa?
Untungnya sih belum pernah. Fiuhhhh....

Sebagai lanjutan pertanyaan di atas, pernah nggak kamu sangat menyukai sebuah buku, tapi kemudian kamu merasa tidak menyukai buku itu lagi? Kenapa?
Ini sama juga jawabannya. Belum pernah. Aku kalau gak suka ya gak suka sampai kapan pun. Kalau suka ya pasti suka sampai kapan pun :)

Apa kendala terbesarmu dalam membaca buku?
WAKTU! Gilaaaa... susahnya cari waktu kalau sudah kerja. Apalagi entar kalau nikah ya? Huahahahaha.. Makin abis dah waktunya.

Tapi aku selalu menyempatkan diri baca 1 bab sebelum tidur. Kalau nggak, rasanya ada yang kurang kalau gak baca dalam satu hari :'(

Apa kendala terbesarmu dalam meresensi buku?
Gimana caranya meresensi sebuah buku dengan tema yang sama, karakter yang sejenis, dan plot yang sejenis, tapi pembaca resensiku bisa merasakan perbedaannya. Nah itu yang susah.

Secara cerita romance kan formulanya sama tuh. Cuma susah sih gimana supaya aku menyampaikannya gak gitu-gitu aja dengan resensi buku lain yang sejenis. Kadang sambil ngeresensi sambil ingat-ingat gaya resensiku untuk buku ini pernah gak di resensiku yang lain.

Apa alasan kamu bergabung dengan BBI?
Dulu diajak. Hahahahaha... Terus karena aku lihat isinya sama-sama pecinta buku, then I'm in. Sejauh ini suka banget sih sama BBI. Banyak berbagi info-info menarik. Terutama diskonan. Hahahahahah... Dan sejak kenal BBI, aku makin sering menimbun buku >,<

Buku apa di wishlist kamu yang sampai saat ini masih belum kamu dapatkan/baca?
Yang belum aku baca? Banyaaaaaaakkkkk. Yang belum aku dapatkan juga banyak. Bukan berarti karena susah diperoleh bukunya, tapi karena aku sadar diri masih banyak buku yang belum aku baca. Jadi belinya entaran deh =P

Jenis buku apa yang paling tidak mau kamu baca?
Motivasi, buku pelajaran, buku tentang kehidupan, buku sejarah, segala macam jenis non-fiksi. Please, hidup udah susah, kalau bacaannya berat, makin berat otakku. Hahahahahah....

Aku memang gak klop sama non fiksi. Otakku gak nyampe euy (^o^)v

Apa cita-citamu berkenaan dengan buku dan membaca?

Cita-citaku banyak. Pengen jadi penulis suatu hari nanti. Pengen lebih banyak memenangkan hadiah buku. Hihihihihi.... Pengen masukkin review buku ke majalah atau koran. Mayan bisa dapat duit :) Tapi novel-novel yang aku baca biasanya gak pernah masuk ke majalah. Terlalu dewasakah? Hahahahahaha...

Maybe someday, I wish, aku dipekerjakan secara freelance untuk review novel-novel romance terjemahan yang akan diterbitkan di Indonesia :) *amin*


10 RANDOM FACTS ABOUT ME
Waduh, susah nih. Nanti aibku terbuka semua. Hahahahahaha... Aku sortir deh 10 fakta tentang diriku =P

Fact #1 : I love milk chocolate to the max
Kamu bisa cek di kardus cemilanku (iya, aku punya satu kardus kecil isinya cemilan semua di kos) pasti isinya coklat. Aku paling suka chacha milk chocolate itu. Aku juga punya sponge coklat yang Oishi. Ada M&M juga. Coklat Van Houten isi almond juga ada 3 bar :)

Oh, ada susu ultrajaya coklat juga di kulkas kosan. Di kantor ada cemilan sehat terbuat dari gandum yang di atasnya ada coklat bernama McVities Digestive. Ini yummy banget loh! Sehat pula!

Fact #2 : Sleep. A lot.
Aku doyan tidur. Apalagi kalau cuaca mendukung. Pernah tidur nyaris 24 jam waktu kecil. Bahkan aku sendiri pun bingung kenapa gak dibangunin sama orang tuaku. Tidur matikah aku sampai dibangunin gak bangun-bangun? Hmmmm...

Fact #3 : I'm tall. Hate it. Love it.
Sebagai cewek yang memiliki tinggi 181 cm, ada beberapa hal yang aku benci dan beberapa hal yang aku suka dengan tinggiku ini.

Hal yang aku benci:
Kamu tahu susahnya cari celana panjang buat cewek setinggi aku ini? Jangan ditanya. Susah banget! Harus nyari di toko-toko bermerk luar gitu macam Billabong, Levis, which means MAHAL. Arghhhh...

Susah cari pacar. Untung ketemu. Tinggiku dan pacarku sama. Hwhwhwhwhw... Emang susah cari cowok tinggi di Indo, di luar mungkin banyak ya.

Hal yang aku suka:
Nyari dan dicari orang gampang. Aku unik sendiri sih tingginya. Wakakakakakaka....

Baju apapun pasti jatuhnya bagus di aku *kibas rambut*. Udah tinggi, kurus, cocok dah jadi model. Tapi kenapa gak ada yang kasih kartu nama ya agensi modelnya? Hikssss...

Fact #4 : Cranky when I just wake up
Kalau baru bangun gitu, moodku pasti super jelek. Pokoknya jangan dekat-dekat kalau aku baru bangun deh. Apalagi kalau nanya atau minta tolong sesuatu. Pasti aku ngomel. Jadi, tunggu lah sampai aku turun dari tempat tidur baru nanya atau minta tolong :)

Fact #5 : Antisocial?
Oke, beberapa orang pertama kali ketemu aku pasti bilang aku jutek. Ya gimana?? Mukaku emang begini. Huhuhuhuh.... Aku juga gak gampang bergaul dengan orang lain. Aku minimal temenan satu tahun dulu baru bisa ber-haha-hihi dengan bebas.

Gak bisa ngenalin karakter dan sifat orang dengan cepat. Jadi yaaaa.... aku sedikit berhati-hati dengan orang lain.

Fact #6 : Had a book for writing stories
Dulu waktu SMA aku punya banyak buku tulis yang isinya cerita yang aku buat. Dan tidak ada satu pun yang tamat. Sedih. Hahahahahahha... Sekarang bukunya gak tau entah ke mana....

Fact #7 : I like to be on control
Bukan berarti aku control freak yaaaa.... Aku suka aja kalau aku yang megang kontrol dan aku tahu dengan pasti apa yang aku kontrol. Terutama dalam pekerjaan sih =P
Tapi aku paling khawatir kalau aku megang kontrol tapi gak tahu apa-apa tentang yang aku kontrol itu. Pasti bawaannya panik.

Fact #8 : Easily get panicked
Aku gampang banget panik. Aku baru tahu hal ini pas aku sudah SMA. Soalnya pas SMA itu banyak banget kejadian yang bikin aku panik. Sebelum SMA, aku tipe orang yang cuek dan leyeh-leyeh sih =P

Sekarang, denger suara orang panik aja aku ikutan panik. Pokoknya kalau situasi lagi mendesak, gak boleh ada orang di sekitarku. Bikin stress dan tambah panik entar...

Fact #9 : My dream job when I was in high school: TOURIST GUIDE
Sampai sekarang juga sih pengen jadi pemandu wisata. Jalan-jalan gratis. Passport pasti banyak capnya. Hahahahahaha... Menurutku keren sih jadi pemandu. Belajar banyak bahasa, kenalan sama banyak orang, jalan-jalan gratis, banyak hal yang bisa dicoba :)

Fact #10 : I love ROMANCE
I'm all about romance. Aku suka banget semua jenis romansa baik di film maupun di novel. Aku suka cerita tentang dua manusia yang mengalami rintangan namun berhasil melaluinya :)

2 comments:

  1. weh, kamu tinggi banget, Phie... nggak jadi pemain bola aja??? #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana? Pemain bola? Jadi tiang gawang? Hwhwhwhwh...

      Delete