How to: Entering Rafflecopter

Para penggemar giveaway tentunya sudah tahu perihal fitur yang sering digunakan oleh para host untuk mengadakan giveaway mereka yaitu RAFFLECOPTER. Aku salah satu host yang suka banget menggunakan fitur ini. Mudah banget soalnya =)

Bagi yang belum tahu, RAFFLECOPTER ini adalah sebuah fitur dimana kita bisa memasukkan entry sesuai dengan permintaan penyelenggara. Semakin besar poin kita, semakin besar peluang kita menang. Mengenai proses pemilihannya, akan aku jelaskan di bagian akhir.

Kemarinan ini aku sempat mengadakan giveaway untuk merayakan hari ulang tahun BBI yang kedua. Saat aku melihat bagian entry, ternyata masih ada beberapa yang entry yang kurang tepat pengisiannya. Oleh sebab itu, aku akan membuat post ini. Semoga dapat membantu ^^
Tampilan awal


  1. Klik tombol Log In to Enter. Akan muncul tampilan berikut ini:
  2. Login

  3. Masukkan nama dan alamat email kamu. INGAT nama dan alamat email yang kamu gunakan ini. Karena setiap kali akan mengisi RAFFLECOPTER tersebut, nama dan alamat email akan selalu diminta untuk login.

    Pastikan kalau kamu login menggunakan email, selalu gunakan email. Jika menggunakan akun facebook, selalu login menggunakan akun facebook. Jangan pertama kali login menggunakan email, yang kedua pakai login with facebook. Kamu bisa didiskualifikasi karena dianggap curang melakukan entry 2 akun.

    Terkadang di komputer kamu juga sudah ada cookies untuk RAFFLECOPTER ini. Jangan bingung ketika kamu diminta login tiba-tiba terisi otomatis dan langsung diarahkan ke entry. Itu karena komputer kamu sudah menyimpan informasi login RAFFLECOPTER ini. Jika tidak, pastikan saja kamu hanya login dengan menggunakan satu akun.

  4. Setelah selesai, klik Log In untuk mulai pengisian RAFFLECOPTER.
  5. Entry Comment
  6. Kita masuk ke pengisian pertama. Tipe entry pertama ini adalah Leave a Blog Post Comment. Nilai poin untuk entry ini adalah 2. Setelah selesai memasukkan comment di post tersebut (halamannya akan ter-refresh), klik lagi entry tersebut, dan klik I Commented.

    NOTE:
     
    Jika kamu perhatikan bahwa poin entry ini adalah 2 sedangkan poin keseluruhan yang dapat kamu peroleh adalah 10, maka sudah pasti entry ini adalah entry mandatory (entry yang wajib dilakukan). Kamu harus mengisinya sebelum unlock poin lainnya.
    Entry mandatory akan selalu tampil duluan. Apabila ternyata total poin entry di halaman awal adalah 10, maka semua entry tersebut adalah mandatory atau kesemuanya adalah optional (tidak wajib dilakukan).
    Unlock the point

  7. Entry Tweet about the Giveaway. Ikuti langkah-langkah sesuai gambar di bawah ini:
    Entry Tweet


  8. Entry Easy Entry for all <facebook name> fans on facebook.
    Entry Like Fan Page
    Seharusnya muncul tombol Like. Yah pokoknya klik aja tombol Like itu. Apabila nama yang kamu masukkan saat login di giveaway ini berbeda dengan nama facebook kamu, tulislah nama facebook-mu di kolom What's your Facebook name?.
    Setelah selesai, klik tombol I'm a Fan.

  9. Entry Follow <twitter name> on Twitter.
    Entry Follow on Twitter
    Klik tombol Follow <nama twitter> dan kamu akan otomatis menjadi follower-nya. Jangan lupa masukkan nama twitter kamu di kolom What's your Twitter name?.
    Setelah selesai, klik tombol I Follow on Twitter!

  10. Entry Follow Me via GFC.
    Entry GFC
    Setelah memasukkan namamu di Google Friend Connect dari blog tersebut, masukkan nama GFC kamu di kolom yang tersedia.
    Setelah itu, klik tombol Enter.

    NOTE:
    Terkadang, selain GFC, para host juga meminta para partisipan untuk follow via email atau subscribe via email. Biasa mereka minta input berupa alamat email yang kamu gunakan untuk subscribe.
    • Cari widget subscribe via email kamu untuk follow via email
    • Masukkan alamat email kamu. Setelah itu akan muncul window sebagai berikut:
    • Nah, di sinilah biasa para peserta melakukan kesalahan karena tidak melakukan aktivasi. Yep, kamu harus buka email kamu. Nanti dapat kiriman dari FeedBurner berisi link untuk aktivasi. Klik deh linknya. 
    • Selesai!

  11. Terkadang ada beberapa entry yang dapat dilakukan tiap hari untuk menambah poin kamu. Contohnya adalah sebagai berikut:
    Entry Do Again
    Artinya kamu dapat melakukan tweet mengenai giveaway tersebut keesokan harinya untuk menambah poin kamu. Pengisiannya sama seperti langkah ke-5.

Begitulah kurang lebih cara pengisian rafflecopter. Terkadang beberapa peserta masih bingung tentang entry tweet. Semoga aku dapat membantu melalui post ini.

Oh ya, terkait cara pemilihan di dalam RAFFLECOPTER. Fitur ini menggunakan mode random. Jadi poin yang kamu peroleh bisa diumpamakan nomor undian. Kamu memasukkan 10 entri, artinya dapat 10 nomor undian.

Untuk model yang dapat dilakukan keesokan harinya, itu juga akan menambah poin kamu. Jika kamu lihat dari contoh di atas, poin tweet itu adalah 3. Jadi nanti total poin kamu adalah 13, dan seterusnya.

Memang RAFFLECOPTER ini untung-untungan. Semakin banyak poinmu, memang akan semakin besar kemungkinan kamu menang.

Selamat berburu giveaway dan semoga beruntung!


24 comments:

  1. Nambahin juga sih Phie. Untuk yang masalah sign in itu, selain harus ingat alamat email pas sign in awal, kalau disuruh sign in lagi sama raffle, jangan pake option yang Facebook. Karena bisa jadi alamat emailnya beda. Bahkan kalaupun sama antara alamat email yang dipake sign awal dengan alamat email untuk FB, entrinya bisa masuk dua kali.

    ReplyDelete
  2. sip.. sangat membatu sekali kakak ^^

    ReplyDelete
  3. sangat informatif phie...
    pertamakali ngadain giveaway dengan rafflecopter aku mesti google2 dulu nyari penjelasan yang mudah dimengerti :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih :)
      kalo ada yang mo ditambahin, kabarin aja ya ^^

      Delete
  4. berarti selama ini saya sudah benar memasukkan entry-nya tapi ya tetap belum pernah menang kalo pake raffle.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda belum beruntung berarti, Mbak Des =P
      Emang nih, pakai RAFFLE itu untung-untungan. Nasib..

      Delete
  5. Infonya membantu banget Mbak! Kalau boleh nambahin, untuk poin follow blog selain lewat GFC biasanya para host juga memberi pilihan follow lewat email. Setelah follow by email, kadang peserta nggak tahu kalau di email mereka ada pesan yang harus diklik buat aktivasi. Itu aja sih, sayang aja kalau akhirnya didiskualifikasi karena nggak tau :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, udah aku update.
      Iya, terkadang para peserta lupa atau tidak tahu untuk melakukan aktivasi ini.
      Host bisa mengecek apakah benar si peserta subscribe/follow via email melalui FeedBurner =)
      Kalau ketahuan tidak follow, langsung didiskualifikasi deh T_T

      Delete
  6. aku nggak ngerti di cari widget subscribe via email itu. kalo gmail, widget subscribenya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Widget subscribe itu ada di blog, Deena.
      Nah, setelah kamu mengisi subscribe itu, ntar secara otomatis akan masuk ke email kamu link yang harus kamu klik untuk menyatakan kamu subscribe blog tersebut :)

      Delete
  7. Wah ! Tq infonya <3 ngmg" klo mau buat rafflecopter langsung ke web nya aja kah??

    i'm your new followers now <3
    - jennyfermichiyo.blogspot.com -

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Jennyfer.
      Terima kasih sudah berkunjung di blogku :)

      Yep, kalau mau buat rafflecopter, silakan langsung ke webnya.
      Petunjuknya mudah kok untuk buat raffle baru ^^

      Delete
  8. Bisa bantu? Tweetbutton ga muncul - pic.twitter.com/dZniQawxpp. Udah page reload, clear cache, asal klik kayak langkah no 6, pake browser beda, tapi gagal semua. Gimana ngeaktifin tweetbuttonnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Pingkan.
      Muncul di kamunya apa? Kosong?

      Itu sebenarnya gak ada yang diaktifin sih. Emang langsung muncul gitu aja.

      Delete
    2. Iya, kosong. Tweetbutton ilang kayak langkah no 6 (Like Facebooknya ilang). Gimana ya? Kalo ngetweet manual promosi giveaway tetep diitung kan?

      Delete
    3. Itu biasa karena internetnya lemot gitu.
      Tetap dihitung asal kamu kasih linknya seperti langkahku di atas :)

      Delete
  9. Dear Kak Phie... aku mau tanya boleh? Kenapa ya pas aku input entry tweet, sudah dilakukan, tapi pas di refresh, entrynya minta dimasukkan lagi, ada yang salah apa gimana ya? Minta bantuannya dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah? Masa diminta masukkan lagi? Kalau sudah klik button tweet, harusnya sih sudah masuk. Bukan tweet di twitter ya, tapi button tweet di rafflecopternya..

      Delete
    2. Iya di rafflecopter, tapi belum semenit di refresh, eh jadi kembali lagi, seakan-akan belum diisi, itu entrynya masuk atau nggak ya?

      Delete
    3. Poinnya nambah ga? Kalo nambah berarti masuk.
      Kembalinya itu bisa pilih tombol untuk ngetweet lagi atau muncul notif kalau tweetnya bisa dilakukan besok lagi?

      Delete
    4. Nggak, jadi nggak masuk. Pas di-refresh, minta di-tweet lagi

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete