Cuap-cuap: Belanja Buku Online Dimana?

Terkadang aku suka dapat email terkait novel-novel yang aku baca. Yang paling sering sih ditanya, bukunya beli dimana? Ada beberapa buku yang memang aku beli langsung di toko buku. Tapi itu jarang banget, cuma kalau lagi ada diskon besar seperti event book fair.

Lalu sisanya? Tentunya aku beli secara online. Ada beberapa kekurangannya sih kalau belanja online, seperti kita gak bisa milih yang covernya masih mulus atau yang lem bukunya bagus. So, kali ini aku akan membagikan informasi website biasa aku beli novel secara online.

Tapi sebagai catatan, keberadaan pembeli adalah di Indonesia ya. Soalnya kecepatan buku sampai di tempat berbeda-beda.



OPENTROLLEY
Website: www.opentrolley.co.id
Web access:
Menurutku opentrolley ini termasuk website buku impor yang cukup lengkap dan cepat. Website-nya mudah untuk melakukan pencarian buku yang diinginkan.

Received time:
Buku yang berada dalam status "in stock" atau "low stock" akan sampai di tangan pembeli dalam jangka waktu 10 hari kerja setelah transaksi pembelian dilakukan. Menurutku inilah nilai plus dari opentrolley, biasanya website lain, sampai paling cepat itu satu bulan >_<

Price:
Harganya standar sih menurutku untuk buku impor. Emang kisaran harganya segitu-gitu juga kalo aku beli di  facebook, periplus, books&beyond, atau kinokuniya. Lalu untuk ongkir, dia kenainnya per sekali kirim, bukan per kg. Jadi, untuk harga, not a big deal lah.

Package:
Paketannya bagus sih. Kemarin aku beli buku, dimasukkan dalam kardus. Walaupun gak menggunakan bubble wrap, tapi mereka menggunakan kertas di sekeliling buku, jadi fungsinya sama saja dengan bubble wrap. Kondisi fisik buku yang aku terima dalam keadaan mulus.

Pembeli juga diberi tahu apakah paket sudah dikirim dari sana atau belum. Bahkan ketika buku sampai di tempat pun akan dikabari via email.

Transaction:
Sebenarnya aku kurang nyaman ama transaksi di opentrolley. Mereka masih menggunakan konfirmasi via email. Aku sih mengharapkan ke depannya, mungkin bisa menggunakan form confirm transaction, jadi sistem mereka yang akan mengecek apakah pembeli sudah melakukan transfer sesuai dengan jumlah nominalnya.

Kalau aku baca ke depannya mereka hanya akan menggunakan kartu kredit. Menurutku sih sebaiknya jangan hanya melalui kartu kredit, tapi bisa juga melalui e-banking, m-banking, dan debit. Belum tentu semua pembeli memiliki kartu kredit.

Overall:
Bagi yang mau membeli buku impor dan sangat mengutamakan waktu, aku merekomendasikan opentrolley ini =)


BOOKDEPOSITORY
Website: www.bookdepository.com
Web access:
Aksesnya cepat, webnya juga user friendly. Kelihatan juga mana saja yang sedang didiskon. Pencarian bukunya juga mudah.

Received time:
Bagi yang tidak memiliki kesabaran menunggu buku yang dibeli, sebaiknya tidak membeli dari bookdepository. Sampai di tangan tuh paling cepat tiga minggu kalau aku. Paling lama 4-6 minggu. Jadi memang harus banyak bersabar kalau beli di sini.

Price:
Harganya menurutku standar. Kalau ada diskon, nah itu baru murah. Hehehehhee... Mereka tiap hari ada kok buku yang didiskon. Sering lihat aja bagian bargain bucket, itu biasa yang diskonnya gede. Sayangnya, harga buku di sini pake mata uang asing, gak ada dalam rupiah. Jadi tiap pembelian, biasa aku cek kurs dulu.

Lebihnya adalah ongkos kirimnya tidak ada. So, kadang gak mikir dua kali waktu beli buku di bookdepository =P

Package:
Paketannya bagus. Selalu ada bubble wrap yang melindungi buku dari benturan. Tapi sudah beberapa kali aku beli di sini, ada saja yang ketekuk covernya atau punggung buku agak rusak gitu. Sedih sih, cuma ya bisa dimaklumi.

Pembeli juga diberi tahu apakah paket sudah dikirim dari sana atau belum via email. Oh ya, bisa jadi kamu beli 2 buku, buku A sampai hari ini, buku B sampai minggu depan. Itu sangat mungkin terjadi.

Transaction:
Di sini hanya menggunakan kartu kredit. Jadi yang gak punya kartu kredit, bisa pinjam ke teman, pacar, mama, papa, atau siapa saja yang punya dan rela meminjamkan =)
Tidak ada konfirmasi apapun yang perlu dilakukan oleh pembeli.

Overall:
Bagi yang memiliki kesabaran dan bisa meminjam atau memiliki kartu kredit, bookdepository adalah salah satu website yang aku rekomendasikan untuk beli buku impor.

BUKABUKU
Website: www.bukabuku.com
Web access:
Sama seperti yang lain, akses ke webnya cepat dan user friendly. Pencarian buku juga mudah.

Received time:
Super cepat untuk yang berlokasi di Jakarta dan sekitarnya. Waktu itu pesan, konfirmasi, dan dua hari kemudian sampailah bukunya di rumahku =)

Eh, 2 hari itu untuk buku Indo ya, bukan buku impor. Aku belum pernah beli buku impor di sini.

Price:
Lagi-lagi menurutku harganya menurutku standar, kecuali kalau ada diskon novel Indonesia, wah siap-siap dompet jebol deh. Kalau untuk buku impor, ya 11-12 lah sama opentrolley.

Package:
Paketannya biasa sih. Cuma dibungkus dengan kertas coklat, gak ada yang melindungi dari benturan. Tapi, kKondisi buku yang diterima dalam kondisi mulus, jadi agak untung-untungan juga. Biaya pengiriman dikenakan per kirim, bukan per kg.

Transaction:
Transaksinya mudah. Mirip seperti livingsocial.co.id atau disdus.com yang dulu (bukan yang sekarang) jika kamu pernah membeli voucher kupon di sana. Setelah melakukan pembayaran, kamu harus mengkonfirmasi kembali. Ada page tersendiri untuk konfirmasi ini.

Overall:
Bagi yang suka belanja novel Indonesia dan terjemahan, menurutku ini salah satu tempat yang cocok buat kamu.

Oke, itu tiga website biasa tempat aku beli novel. Mungkin yang lain ada website lain biasa beli buku, silakan berbagi ya ^^

4 comments:

  1. Kami juga menyediakan buku-buku impor dengan harga terjangkau. Silahkan berkunjung ke toko online kami. Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. ada juga kak yang lain, periplus.com namanya. Toko buku online ini ada di Indonesia dan kadang bisa nyediain buku-buku dari luar. Harganya sieh dari pengalaman belanja cukup bersaing, bahkan lebih murah. setiap akhir tahun biasanya di diskon gede-gedean, dan yang paling kusuka ada buku motivasi...hunting-hunting-hunting! Dari pengalaman belanja di amazon, biasanya selalu mahal biaya antarnya. Ada yang bilang periplus.com itu amazonnya indonesia. Cek blognya aja Kak di blog.periplus.com. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete