Richelle Mead - Vampire Academy [Vampire Academy #1]

Judul : Vampire Academy
Seri : Vampire Academy #1
Penulis : Richelle Mead
Penerbit : Matahati
Tanggal Terbit : April 2010
Halaman : 414
Dimensi : 135 x 200
Berat :
Genre : Paranormal Romance

Dunia ini terdiri dari dua maca vampir. Moroi, vampir yang masih hidup dan menguasai elemen magis. Dan, Strigoi, vampir berupa mayat hidup dan membunuh kaum Moroi. Untuk melindungi Moroi dari Strigoi, terciptalah Dhampir, setengah manusia, setengah vampir.

Rosemarie "Rose" Hathaway adalah seorang dhampir yang melindungi sahabatnya yang seorang Moroi, Vasilisa "Lissa" Dragonmir. Mereka berdua kabur dari Akademi St. Vladimir karena ternyata sekolah yang seharusnya aman, menyimpan rahasia kelam yang sewaktu-waktu dapat memburu mereka.

Namun, pelarian 7 bulan mereka terpaksa berakhir ketika sepasukan pengawal menangkap mereka dan membawa mereka kembali ke sekolah itu. Rose "dipenjarakan" dan dia harus menjalani pelatihan bersama mentornya, Dimitri Belikov.

Kembali ke sekolah, kembali ke kebiasaan lalu. Semuanya terasa sama seperti sebelum mereka kabur. Tapi, itu semua tidak berjalan lama ketika makhluk mati ditemukan di atas tempat tidur Lissa. Rahasia yang berusaha disembunyikan oleh Rose dan Lissa terancam terkuak. Siapa yang mengetahuinya?

Selain itu, hidup Rose yang dulunya bebas, kini terbebani dengan gosip yang menghancurkannya. Gosip yang menyatakan bahwa dirinya adalah pelacur darah. Gosip yang membuat amarah Lissa meledak dan menggunakan kemampuannya.

Serangan fisik dan mental bertubi-tubi menguji pertahanan mereka, persahabatan mereka, dan kehidupan mereka....

Pasti ada yang ngomel-ngomel nih aku kasih 3 hati. Heheheheheh... Ceritanya bagus kok, suer! Cuma buatku terlalu drama banget. Memang buku ini diperuntukkan untuk remaja, jadi berasa banget tuh persaingan cintanya, persahabatan, dan damprat-dampratan.

Di buku satu ini lebih banyak membahas mengenai koneksi yang dimiliki oleh Lissa dan Rose. Selain itu, keterkaitan antara kemampuan mereka berdua untuk saling terhubung dengan St. Vladimir - Anna dan Ms. Karp. Semua itu (menurutku) terjawab di buku ini.

Aku suka semua karakter di buku ini, tapi yang paling aku suka tentunya adalah sang heroine, Rose. She is really a bad ass heroine. Karakternya yang keras kepala, selalu melindungi dan membela sahabatnya, ada saat-saat di mana dia berlaku bitchy, dan tentunya juga dia kocak. Banyak percakapan dia yang membuatku senyum-senyum sendiri.
Karakter Dimitri ini, menurut yang sudah baca, adalah cowok keren. Oke, dia keren. Tapi, porsi dia di sini dikit banget. Berasa numpang lewat doank. Chemistry antara dia dengan Rose juga gak berasa. Mungkin karena mereka saling menahan diri kali ya? Dibandingkan Dimitri, menurutku karakter cowok yang meninggalkan kesan itu adalah Christian Ozera (mungkin karena kedua orang tuanya adalah Strigoi).

Buat Lissa? Hmmmm... agak susah ya. Di buku ini dia seperti rapuh banget dan bergantung sama Rose. Agak males sih sama karakter seperti itu *no offense*, tapi tetep suka kok sama Lissa. Soalnya dia pada akhirnya bisa menentukan siapa dirinya sebenarnya ^^

Mengenai alur ceritanya, baru seru pas 3/4 buku. Mulai terkuak deh siapa pelakunya dan dihadapi dengan jawaban yang tak terduga.

Overall, nice story. Aku bakal lanjut buku berikutnya. Tapi masih dilemma, baca versi Indo atau Inggris? Gak tau kenapa versi Inggris lebih dapat feelnya. Tapi masih dalam perjalanan buku Inggrisnya >,<

Vampire Academy series:
#0.5 Kisses from Hell
#1 Vampire Academy
#2 Frostbite
#3 Shadow Kiss
#4 Blood Promise
#5 Spirit Bound
#6 Last Sacrifice

8 comments:

  1. Punya saya msh segel dan tertimbun duh moga ga byk romance nya xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Dionnnn.. Kasih aku aja, tanganku terbuka lebar kok =)

      Delete
  2. menurut aku juga, buku yang pertama itu datar kaya serial-serial macem mean girls gitu... cuma pas lanjut buku berikutnya sih asik lho kak. konfliknya berkembang dan saling berhubungan gitu... aku suka deh seri ini. sama spin offnya juga ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku penasaran ama seri ini karena banyak yang bilang makin ke belakang makin seru. Aku udah ada bukunya cuma gak tau kapan mau lanjut baca >,<

      Delete
  3. Wah filmnya juga begitu menarik, lho.

    ReplyDelete