Cuap-cuap : Cara Merawat Buku

Sebagai penutup dari bulan Februari ini, aku akan memberikan informasi mengenai cara merawat buku yang aku peroleh =)

Tentunya gak sedikit pembaca yang mengoleksi buku mengalami beberapa hal menyebalkan, seperti buku menguning, buku bergelombang karena basah atau lembab, dan terlipat.
Nah, kali ini aku akan membagi beberapa tips yang aku peroleh dari internet dan teman-temanku yang juga maniak buku mengenai bagaimana sih cara merawat buku yang baik dan benar?

Cara membuka buku baru
Nah, gambar di bawah ini aku peroleh dari internet. Ternyata ada caranya juga loh membuka buku baru ^^



DO's :
  1. Sampul dengan plastik. Jangan malas untuk menyampul buku. Selain itu mencegah dari kena air, menyampul juga membantu melindungi buku dari debu.
  2. Gunakan pembatas buku. Untungnya buku-buku yang diterbitkan saat ini telah memberikan pembatas buku yang bisa digunakan oleh pembaca untuk membatasi halaman terakhir yang dibaca. Jika tidak ada, sebaiknya kamu membeli pembatas buku atau buat saja sendiri dari karton atau kertas yang kaku. Dulu sih aku buat sendiri dengan quotation yang diprint, lalu aku laminating =)
  3. Jauhkan dari sinar matahari langsung. Nah ini penting kalau kalian tidak mau buku cepat menjadi kuning. Penyebab dari buku menguning adalah kena matahari langsung. Oleh sebab itu, jangan biarkan buku kalian kena sinar matahari langsung ya. Selain itu juga membuat buku jadi kering dan rapuh. Kan sayang jadinya >,<
  4. Atur dengan rapi di rak. Enak kan kalau buku terorganisir dengan rapi? Hehehehehehehe...
  5. Gunakan penahan buku jika ternyata terdapat space kosong di rak buku tersebut. Kalau dibiarkan saja, akan merusak bentuk buku.
  6. Bersih-bersih. Jangan malas untuk membersihkan buku dan rak dari debu ya.
  7. Perhatikan suhu ruangan. Jika terlalu panas, maka buku bisa menjadi kaku dan hancur. Jika terlalu lembab, maka buku akan bergelombang dan berjamur. Sebaiknya sih udaranya merupakan suhu ruangan yang sejuk dan kering. Oh ya, pastikan udara bisa bersikulasi di rak dan antarbuku kamu ya.
  8. Lakukan rotasi posisi buku setiap dua pekan sekali. Jika memungkinkan keluarkanlah buku-buku dari lemari dan letakan selama sehari di luar lemari. Bisa di atas meja atau di ruang terbuka yang tidak lembab.
  9. Untuk mengusir ngengat, mengurangi bau tak sedap, menghambat pertumbuhan jamur, menyerap air (kelembaban di udara), dan mencegah kutu, maka bisa dengan beberapa alternatif (pilihlah satu-dua cara) di antaranya;
  • Taburlah kamper di sela buku atau di pojok rak.
  • Biji-biji lada putih yang dibungkus potongan kain.
  • Serpihan arang kelapa dimasukkan ke dalam amplop bertutup rapat. Arang ini selalu siap dipakai lagi setelah dijemur untuk menghilangkan serapan airnya. Penjemuran dilakukan tiap 3-4 bulan sekali (juga amplopnya sekalian).
  • Taruhlah sillica gel (dalam kemasan/dibungkus plastik berlubang). Keringkan/jemur jika sillica mulai berubah warna.
  • Cara lain adalah dengan fumigasi/pengasapan untuk membunuh serangga atau jamur. 
DON'Ts :
  1. Jangan lipat ujung buku. Ini nih yang paling bikin kesal kalau beli buku bekas. Pasti ada saja yang melipat ujung kertas. Lebih baik gunakan pembatas buku untuk membatasi halaman terakhir yang dibaca.
  2. Jangan steaples buku. Ini yang bikin stress. Aku kurang mengerti kenapa beberapa orang suka sekali menggunakan steaples. Memang sih mereka bermaksud agar halamannya gak ada yang lepas, tapi karat dari besi itu juga merusak buku T________T
  3. Jangan susun buku ke atas. Jangan pernah sekali-sekali menyusun buku ke atas (ditumpuk ke atas). Hal ini menyebabkan cover buku jadi rusak karena terus ditekan oleh berat buku di atasnya.
  4. Jangan memasukkan buku ke dalam tas yang sudah penuh, atau ukurannya lebih kecil dari ukuran buku.
  5. Hindari menyimpan buku-buku terlalu lama di dalam kotak kardus. Asam dari kotak kardus bisa pindah ke buku. Akibatnya, buku berubah warna jadi kekuning-kuningan
Memperbaiki Kerusakan Buku
Berdasarkan jenis kerusakan sebuah buku dapat dibagi menjadi 3 jenis kerusakan yaitu :
  1. Rusak ringan, ciri-cirinya : halaman tengah lepas, cover lepas, halaman sobek dll.
  2. Rusak sedang, ciri-cirinya : beberapa halaman lepas, cover sobek, staples lepas dll
  3. Rusak berat, dengan ciri-cirinya : semua halaman lepas untuk koleksi lem punggung, satuan bendel lepas untuk koleksi jahit, hard cover lepas dan jahitan lepas, beberapa halaman buku lepas untuk buku tebal di atas 500 halaman, dll.
Trik buku rusak ringan, diperbaikilah dengan memberi lem dan menempel pada bagian halaman yang lepas tadi dengan jarak 3-4 mm dari pinggir kertas. Cover lepas dapat di lem kembali dengan melihat jenis kertas cover tersebut, jika ada lapisan mengkilat dari cover itu dapat dibuang terlebih dahulu lapisan itu, untuk memperkuat daya lekat dari lem.

Trik rusak sedang dapat diperabaiki dengan menstaples buku tersebut atau lebih baik lagi menjahit buku tersebut dengan benang nilon. Untuk cover sobek dapat dibuatkan cover dari kertas BC dan cover aslinya ditempel, lebih baik lagi jika cover aslinya dicopy warna atau foto copy biasa pada kertas BC. Lebih baik lagi dapat dibor (mata bor 2 - 2,5 mm)untuk kekuatan dan keawetan dari koleksi.

Trik rusak berat dapat di bedakan hard cover dan soft cover, untuk hard cover tebal halaman lepas semua yang bukan jahitan atau lem press biasa, dapat dibor dan dijahit kemudian cover tadi diperbaiki terlebih dahulu dan dilem pada bagian punggung buku setelah kering baru dilem cover depan belakang dan dipress, sedangkan untuk hard covers harus dilepas terlebih dahulu dan dijahit satu per satu dengan bagian lain, hingga mennyatu, kemudian lem punggung buku sampai tepi buku sekitar dengan jarak 3,4 mm, langkah berikutnya dipres dengan alat atau ditindihi dengan buku yang tnggi, kegunaanya cepat lengket seperti dipress. Alat yang diperlukan seperti alat potong, dan alat press.
Selamat mencoba dan semoga membantu d(^o^)b
Sumber : here, here, here, here, here, and here

22 comments:

  1. Makasih ya infonyaaaa~ berguna banget itu terutama buat buku-buku di rak yg perlu sirkulasi udara

    ReplyDelete
  2. sip.... semua yang baik-baik udah kulakukan dan semua yang gak bagus nggak pernah kubuat.... sayang soalnya kalau buku rusak...


    btw, phie gak ikutan posting bareng tema romance hari ini????

    ReplyDelete
  3. @okeyzz : yooo.. sama-sama =)

    @uthie : bagus-bagus.. aku tinggal yang dimasukkin ke kardus ne gara-gara rak buku udah gak muat >,<

    emang ada ya posting bareng romance? aku baru tau T______T

    ReplyDelete
  4. kerennnn. duhh. jadi nyadar bahwa saya agak males buat ngeluarin buku dari rak. susunannya suka berubah, jadi lupa ditaruh dimana.

    kalo soft cover yg rusak parah, gmana caranya? disana cuma buat hard cover doang. thanks!

    ReplyDelete
  5. woaa tipsnya makasih...
    selama ini aku suka lupa untuk buka lemari buat sirkulasi udara hiksss...

    ReplyDelete
  6. @Jessica:
    Nah kalo soft covernya lepas, kamu bisa lihat di sini caranya:
    Repair a Paperback Book

    Tapi kalo bener-bener hancur soft covernya, mungkin kamu bisa bikin hardcovernya aja. Caranya bisa lihat di sini:
    Make Hardcover

    @Mery:
    Sama, aku juga jarang sirkulasiin buku. Makanya ne harus dibiasakan kalau bener-bener sayang ama buku =P

    ReplyDelete
  7. halo...halo... eh, tips-nya keren. tapi aku bingung nih, buku2 lamaku halamannya pada menguning semua padahal ga pernah kena sinar matahari langsung. nah, kenapa ya? terus gimana ngatasinya supaya ga tambah nguning??? thanks :)

    ReplyDelete
  8. @erdeaka: disimpan dalam dus ga? zat kimianya juga bikin buku menguning tuh =)
    sebenernya penyebab buku jadi kuning itu karena adanya lignin yang berasal dari pohon (kertas kan asalnya dari pohon).
    Jadi kalo mau buku kamu gak kuning, jauhkan dari sinar matahari langsung dan udara (dengan membungkusnya dalam plastik).

    Sumber bisa dilihat di sini

    ReplyDelete
  9. sebenernya ga aku masukin kardus kok. ah, tapi thanks ya sarannya :)

    ReplyDelete
  10. @erdeaka :
    yep, sama-sama..
    emang kesal sih kalo buku menguning, apalagi kalo buku favorit =P

    ReplyDelete
  11. bukuku jauh dari sinar matahari. di dalam lemari tapi tetep nguning yaa :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dimasukin ke plastik dan jangan lupa masukin penyerap airnya ya.. moga2 gak menguning ^^

      Delete
  12. wah, baru liat nih tipsnya. aku gak punya rak buku, jadinya susun bukunya keatas di dalam laci yg gak muat kalo susun menyamping. boleh minta tips gak gimana enaknya ya? :s

    btw, salam kenal yaa :D blog-mu baguuusss :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, salam kenal juga.. Makasih udah mampir ^^

      Tipsnya? Segera beli rak buku. Hahhahaha..
      Yah, kalo mo susun ke atas, usahakan yang paling berat itu posisinya di bawah =)

      Delete
  13. Ci,kalo lembaran buku nya kena air terus kita mau lurusin lagi gmn?udah gitu soft cover buku itu juga mau kita lurusin lg.ada tips?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kena air udah susah sih kalau dilurusin mulus seperti dulu. Palingan yang bisa dilakukan cuma dipress pake buku yang berat biar gak terlalu bergelombang :)

      Delete
  14. gimana kalo bukunya sudah menguning ? apakah ada cara untuk mengembalikan warnanya ? mohon sarannya. terima kasih.

    ReplyDelete
  15. "rusak ringan" buatku itu udah masuk rusak berat

    ReplyDelete
  16. Wahh hebat.. teriamakasih banyak kak atas infonya^^ boleh izin share tidak kak?

    ReplyDelete