Johanna Lindsey - Warrior's Woman [Ly-San-Ter #1]

Judul : Warrior's Woman (Milikmu Seutuhnya)
Pengarang : Johanna Lindsey
Penerbit : Dastan
Tahun : 2011
Halaman : 516
Dimensi : 110 x 180
Berat : 250 gram
Genre : Science Fiction Romance

Oke, sebelum memberikan review untuk buku ini, aku akan memberikan kesan pertama mengenai cover dan sinopsis.

Cover, udah mewakili banget gambaran cerita seperti apa yang diwakilkan oleh buku tersebut. Dari situ bisa dilihat temanya futuristik dengan segala kecanggihan (ada UFOnya) dan si wanita sendiri kelihatan tough, tapi warna pink itu menunjukkan sisi wanitanya (walaupun aku kurang suka warna pink >,< ).

Dari segi sinopsis, entah mengapa sinopsis ini membuat pembaca jadi kurang tertarik. Ribet. Kurang bisa dimengerti. Tapi itu tidak membuatku tidak membeli karya JL *maniak JL*.

Tedra de Arr adalah seorang wanita dengan pangkat tertinggi dalam urusan perlindungan terhadap pemerintah, yaitu Sec 1 (Security 1). Dia tinggal di planet yang namanya Krystan, sebuah planet dengan teknologi super modern. Mandi aja cuma 3 detik dengan alat yang namanya solaray. Makanannya pun makanan buatan. Pokoknya semua teknologi yang kalian pikirkan, ada di dunia ini. Bahkan robot yang mirip banget dengan manusia yang berfungsi untuk menyenangkan pemiliknya. Tedra memiliki satu yang bernama Corth, pria tampan miliknya.

Eits.. bukan itu saja yang Tedra punya. Dia memiliki Martha (cinta mati deh ama Martha), sebuah komputer yang bisa berpikir sendiri, memberikan keputusan sendiri, pokoknya seperti manusia namun tak berwujud dan tak memiliki perasaan (sedih, gembira, dan sebagainya). Martha selalu bertengkar dengan Tedra. Hal ini disebabkan karena keinginan Tedra selalu bertolak belakang dengan Martha padahal Martha selalu memberikan yang terbaik buat Tedra walaupun Tedra selalu mengancam akan menghancurkan dan melelehkan semua sirkuit Martha.

Tapi planet Krystan tidak sedang dalam keadaan harmonis, pemimpinnya sedang dikudeta dan mereka dijajah oleh bangsa bernama Sha Ka'an. Semua wanita dalam Sec akan diberikan sebagai hadiah oleh Crad (yang melakukan kudeta) atas jasa bangsa ini.

Cuap-Cuap : Penulis Favorit 2011

Kali ini aku mau membahas mengenai penulis romance favoritku. Untuk resensi novel lainnya, harap sabar ya.. Aku lagi belum ada waktu untuk baca novel tapi nanti malam mau baca seri Ly-San-Ter oleh Johanna Lindsey yang judulnya Warrior's Woman. Harap bersabar menunggu ya..
Kemarin ada beli seri Night Huntress oleh Jeaniene Frost. Jadi tunggu saja resensinya ya.. Moga-moga pulang kampung sempet baca di tengah-tengah padatnya acara kumpul-kumpul minggu depan =)

Oke, sembari menunggu aku selesai membaca Warrior's Woman, kita bahas penulis romance. Berikut adalah top 10 penulis favoritku dan alasannya:
1. Julia Quinn
Karakter yang dibangun oleh JQ biasanya orang yang keras kepala, baik pria maupun wanitanya. Yang membuat aku jatuh cinta dengan karya dia adalah percakapan humoris yang bisa membuatku tertawa. Humor dalam novel HR jarang aku temukan.  
Best Series : Bridgerton's

2. Lisa Kleypas
Karakter prianya selalu membuatku mendesah dan bertanya-tanya kapan dapat pria seperti itu. Karakter pria dalam karya LK sangat menarik karena mereka sangat bikin gregetan, romantis, dan posesif. Two thumbs up buat karakter pria yang paling bikin melting.
Best Series : Wallflowers dan Hathaways

3. Johanna Lindsey
Karya JL menurutku adalah novel yang paling "hot" diantara semua penulis yang pernah aku baca. Alur ceritanya pun bagus dan karakter wanitanya tangguh. Hehehehehhe..
Best Series : Mallory

Cuap-Cuap : Editor?

Editor memegang peranan penting dalam sebuah penerbitan buku. Gak percaya? Kalau gak ada mereka, kamu gak bakal bisa baca novel luar dalam bahasa Indonesia. Tentunya juga gak bakal ada buku-buku yang sekarang ada di toko buku. Mereka juga yang menyortir buku mana saja yang layak diterbitkan. Mereka juga harus pintar membaca kebutuhan pasar.
Kali ini aku mau membahas mengenai pekerjaan editor dan memberikan pandangan aku terhadap hasil editing yang ada pada Gramedia, Oak Tree, Dastan, Violet, dan GagasMedia. Soalnya cuma buku-buku terbitan mereka saja yang aku baca =)

Tingkatan dan Tugas Editor
Kalian pasti mengira editor cuma ada satu tingkatan, ya editor itu sendiri. Sebenarnya, susunan editor tuh ribet banget. Berikut adalah yang aku peroleh dari salah satu link (sumber):
1. Copy Editor
Ini adalah jenjang terendah dalam karir sebagai editor.
Mereka bertugas memeriksa dan memperbaiki kesalahan, mulai dari salah penulisan, salah pemilihan kata, tanda baca, huruf tebal, huruf miring, dan garis bawah.
2. Editor
Editor ini sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu:
Pictorial editor yang bertugas menangani masalah gambar, mulai dari cover sampai gambar pada isi buku.
Copyright editor yang bertugas menangani masalah hak cipta buku-buku terjemahan.
Associate editor yang bertugas mencari naskah, mencari penulis, dan mendampingi penulis untuk menghasilkan buku yang berkualitas bagus.
3. Senior Editor
Tugas:
Menilai kelayakan terbit suatu naskah.
Menghubungi penulis atau agen naskah untuk memenuhi target buku yang akan dihasilkan suatu penerbit.
4. Managing Editor
Editor pada tingkat ini tidak berurusan langsung dengan naskah, tapi ke pengelolaan manajemen penerbitan.
5. Chief Editor
Ini adalah tingkatan tertinggi.
Bertugas sebagai pemimpin sekaligus pengelola divisi editorial. Dia juga bertugas untuk memberikan keputusan terhadap perkembangan penerbitan.

Sabrina Jeffries - A Notorious Love [Swanlea Spinsters #2]

Judul : A Notorious Love (Terbuai Cinta)
Pengarang : Sabrina Jeffries
Penerbit : Dastan
Tahun : 2011
Halaman : 500
Dimensi : 110 x 180
Berat : 250 gram
Genre : Historical Romance

Tiada gading yang tak retak, seperti itulah keadaan seluruh karakter dalam seri Swanlea Spinsters.
Helena, putri tertua dari Earl of Swanlea, kakak Rosalind (baca A Dangerous Love, Swanlea Spinsters #1), memiliki kaki yang pincang karena suatu penyakit yang dialaminya waktu melakukan debut pertamanya. Dia menjadi sinis terhadap pria-pria yang ada di dekatnya, itu semua karena tunangannya sebelumnya memujinya setinggi langit, membuatnya mencintai pria itu, namun ternyata pria itu hanya mengincar hartanya.

Daniel Brennan telah terpikat oleh Helena sejak mereka bertemu, namun identitas Daniel saat itu adalah sebagai Griff. Ketika mengetahui bahwa dirinya telah tertipu, Helena selalu bersikap dingin kepada Daniel. Ditambah lagi, Daniel adalah mantan penyelundup. Dalam otak Helena, penyelundup sama dengan orang kasar, bejat, tidak tahu diri, dan sebagainya.

Tapi hilangnya Juliet (adik bungsu Helena), membuat wanita itu harus menelan harga dirinya dan pergi menemui Daniel. Siapa yang tidak akan kesal ketika pintu rumahnya diketuk pada pagi hari dan langsung menghadapi racun yang keluar dari mulut wanita yang membuatnya terpikat?

Setelah mengetahui tujuan kedatangan Helena, Daniel setuju membantunya. Namun Helena bermaksud untuk ikut, tentu saja Daniel menolaknya. Bagaimana cara dia dapat menahan godaan untuk tidak mencekik wanita itu tiap dia melontarkan tuduhan yang tidak sepenuhnya benar? Dan bagaimana dia bisa menahan tangannya untuk tetap di sampingnya jika gairahnya menyuruhnya untuk menyentuh wanita itu?

Sabrina Jeffries - A Dangerous Love [Swanlea Spinsters #1]

Judul : A Dangerous Love (Ambisi Sang Pewaris)
Pengarang : Sabrina Jeffries
Penerbit : Dastan
Tahun : 2011
Halaman : 472
Dimensi : 110 x 180
Berat : 220 gram
Genre : Historical Romance


Pria memiliki tiga hal, yaitu otak, St. Peter, dan hati. Ketika otaknya berusaha memahami, St. Peter menangis meminta perhatian, dan hati menggedor-gedor jiwanya, saat itu lah Griff Knighton merasa bingung. Griff tidak tahu bahwa dia memiliki hati. Itulah yang dikatakan oleh Daniel Brennan kepada Rosalind.

Griff Knighton merupakan pria yang memiliki masa lalu kelam membuatnya menjadi pria yang dingin. Dia disebut "anak haram" dan ibunya disebut "pelacur". Oleh sebab itu, dia bermaksud membalas dendam kepada Earl of Swanlea, pria yang memiliki akta pernikahan ibunya. Dia akan membersihkan namanya dan nama ibunya. Selain itu, dengan bukti tersebut, dia dapat mengembangkan Knighton Trading.

Griff mendapat undangan untuk mendatangi tempat tinggal sang Earl dan dia dapat memperoleh akta itu. Tapi syarat untuk mendapatkan akta itu, dia harus menikahi salah satu perawan tua anak Swanlea. Tentu saja Griff menyetujui untuk datang ke sana, tapi dia tidak akan menikah.

Saat akan menuju tempat tinggal sang Earl, Griff dan tangan kanannya, Daniel, bertukar peran. Hal ini disebabkan untuk memberi kemudahan kepada Griff menggeledah isi rumah sang earl. Tentu saja awalnya Daniel menolak, tapi ketika diiming-imingi uang yang memang dibutuhkan Daniel untuk membangun usaha sendiri, akhirnya dia setuju.

Pertemuan Griff dengan Rosalind, putri kedua sang Earl, memberi kesan buruk. Rosalind menaruh curiga pada Griff yang sedang menggeledah ruang kerja ayahnya. Namun, kepandaian Griff akan soneta Shakespeare membuat wanita itu kagum.

Dari awal, mereka memang tidak cocok. Selalu bertukar kata kasar. Griff berusaha berkata kasar agar Rosalind tidak selalu mengikutinya, agar pria itu dapat dengan bebas menggeledah rumah itu tanpa dibuntuti orang lain.

Namun saat kata-kata kasar itu berubah menjadi ucapan nakal dan membangkitkan hasrat keduanya, Griff menjadi bingung. Ia tidak dapat menyembunyikan jati dirinya yang sebenarnya lebih lama lagi karena dia tidak ingin kehilangan wanita itu.

Kresley Cole - If You Deceive [MacCarrick Brothers #3]

Judul : If You Deceive (Buai Aku Dengan Cintamu)
Pengarang : Kresley Cole
Penerbit : Gagas
Tahun : 2011
Halaman : 444
Dimensi : 140 x 200
Genre : Historical Romance (Highland / Scotland Romance)

Ethan MacCarrick memiliki wajah tampan saat dia muda. Dia selalu meniduri para wanita yang sudah menikah. Namun sampai suatu hari, saat akan tidur dengan wanita itu, Sylvie, instingnya menyatakan bahwa dia harus segera pergi.

Namun wanita itu menahannya dan suami wanita itu datang ke dalam kamar dengan penuh kemurkaan. Sang suami menyuruh pesuruhnya untuk membereskan Ethan. Dan, luka pada wajahnya yang tampan itu membekas untuk selamanya.

Penuh dengan dendam dan luka, Ethan MacCarrick berjanji untuk menghabisi keluarga itu. Pertama-tama dia membuat sang suami bangkrut dan menagih semua utang-utang mereka. Sang suami meninggal, dan Sylvie serta anaknya terpaksa keluar dari rumah mereka dan pergi ke Perancis.

Sepuluh tahun telah berlalu, dalam sebuah acara pesta topeng, Ethan bertemu dengan wanita yang membuatnya tertarik. Dia tidak pernah merasakan hal tersebut sebelumnya, sehingga di memutuskan untuk mengejar wanita itu.

Madelaine Van Rowen, gadis miskin dari Perancis datang ke Inggris bermaksud untuk menikahi Quin, saudara Jane Weyland (baca If You Desire - MacCarrick Brothers #2), dengan tujuan agar pria itu dapat menutupi utang-utangnya.

Tapi dalam pesta topeng itu, dia bertemu pria dalam pakaian domino membuatnya tertarik. Ketika pria itu mendekatinya, gairah mereka tidak dapat dibohongi. Pria itu mengambil keperawanannya dan Maddy merasa kesakitan, meminta pria itu untuk berhenti. Kemudian Maddy kembali ke keluarga Weyland dan kembali ke Perancis.

Ethan yang penasaran pada gadis itu bertanya pada Quin mengenai wanita yang bersama adik pria itu. Mengetahui nama belakang wanita itu, membuatnya terpukul, keluarga wanita itu lah yang merusak wajahnya, menghancurkan hidupnya, membuatnya seperti sekarang.

Ketika Ethan nyaris mati karena ditembak Grey, saat dia sadar kembali dia memutuskan untuk mengejar Maddy. Tentu saja untuk balas dendam. Menggunakan wanita itu, ketika dia sudah bosan, dia akan membuang wanita itu.

Maddy tidak dapat menolak tawaran Ethan untuk menikahinya dan menyelesaikan segala masalahnya. Bersama Ethan, dia merasa aman. Tidur dalam pelukan pria itu membuatnya tenang dan tanpa disadarinya, dia telah jatuh cinta pada pria itu.

Tapi, ketika semua rahasia Ethan terbongkar secara tak sengaja dan itu semua berhubungan dengan keluarga Maddy yang diusir dari rumahnya, penyebabnya harus luntang-lantung di tengah jalan, masihkah Maddy dapat mencintai pria itu? Dan ketika Maddy pergi, Ethan harus memilih pembalasan dendam atau hatinya.

Kresley Cole - If You Desire [MacCarrick Brothers #2]

Judul : If You Desire (Bujuk Aku dengan Cintamu)
Pengarang : Kresley Cole
Penerbit : Gagas
Tahun : 2011
Halaman : 452
Dimensi : 140 x 200
Genre : Historical Romance (Highland / Scotland Romance)


Cinta yang terpendam selama 10 tahun antara Jane Weyland dan Hugh MacCarrick memang tak pernah padam.

Jane Weyland merasa jatuh ke dalam patah hati, ketika 10 tahun yang lalu Hugh meninggalkannya tanpa pesan, padahal dia berharap pria itu akan menikahinya.

Dia akan berjalan bersama kematian atau dalam kesendirian. Daripada melihat wanita yang dicintainya mati seperti tunangan Ethan, dia lebih memilih menjauhi wanita itu.

Tapi, sebuah surat dari ayah Jane, menyatakan bahwa wanita itu ada dalam bahaya dan bantuan Hugh sangat dibutuhkan.